Bagaimana Membangun Program Pemasaran Afiliasi

Bagaimana Membangun Program Pemasaran Afiliasi

Di situs maxbet terpercaya, kami terus bereksperimen dengan produk dan proses kami.

Fungsi pemasaran, khususnya, mencoba mencari berbagai cara untuk membawa produk kita ke pelanggan. Kami mempelajari cara kerja saluran yang berbeda, dan mencoba menemukan titik terbaik untuk suatu produk, dengan ROI yang tepat.

Sekitar setahun yang lalu, kami mencoba tangan kami dengan pemasaran afiliasi.

Program pemasaran afiliasi adalah program rujukan di mana perujuk yang mengarahkan pelanggan baru ke perusahaan mendapatkan persentase komisi dari kesepakatan yang dia rujuk dan perusahaan mendapatkan rujukan baru.

Setelah mengatasi banyak masalah yang tumbuh gigi, kami secara bertahap tetapi pasti membangun program yang sekarang berfungsi sebagai salah satu saluran perolehan prospek terpenting untuk Freshworks. Kami memulai dari yang kecil, dengan program hanya untuk produk andalan kami, Freshdesk, dan program pemasaran afiliasi telah berkembang ke tahap di mana sekarang menjadi sumber prospek yang kaya tidak hanya untuk Freshdesk tetapi untuk semua produk Freshworks.

Dengan ribuan afiliasi yang bergabung dan ratusan prospek yang mengalir setiap bulan, kami sekarang memiliki saluran yang tidak hanya menjangkau pemirsa yang tepat tetapi juga menyediakan kemampuan untuk mengukur.

Berikut cara kami membangun program pemasaran afiliasi:

Kami memulai dengan proyek percontohan di pasar afiliasi terkemuka.

Kami memilih untuk memulai di platform eksternal sebelum melanjutkan untuk membuat infrastruktur kami sendiri. Inilah alasannya:

  • Persyaratan teknis untuk menjalankan program sudah tersedia
  • Anda mendapat dukungan dari orang-orang berpengalaman yang siap membantu Anda
    Pasar mereka menawarkan fitur seperti perpesanan massal, buletin email, pengelompokan afiliasi, hadiah yang disesuaikan, dll.
  • Lebih cepat dan mudah untuk menemukan afiliasi berpengalaman karena setiap
  • jaringan afiliasi memiliki pasarnya sendiri di mana afiliasi dapat menemukan perusahaan dan perusahaan dapat menemukan afiliasi baru
    Tapi ada juga kekurangannya.

Sebagian besar platform afiliasi meminta biaya standar dan komisi untuk setiap transaksi. Ini membuatnya mahal ketika nilai transaksinya tinggi. Selain itu, sebagian besar pasar menerapkan aturan dan regulasi yang kaku, seperti meminta eksklusivitas.

Membangun komunitas afiliasi

Bagian terpenting dalam membuat program afiliasi dari awal adalah membangun komunitas afiliasi yang siap mempromosikan produk Anda. Ada banyak afiliasi yang akan mendaftar untuk program ini tetapi hanya sebagian kecil (biasanya kurang dari 10%) yang akan menjadi afiliasi aktif.

Memiliki 10.000 afiliasi dengan 10% aktif hanya akan memberi Anda 5.000 prospek (rata-rata lima prospek per afiliasi), sementara 8.000 afiliasi dengan 15% aktif akan memberi Anda 6000 prospek.

Jadi, bagaimana Anda bisa mendapatkan yang terbaik dari afiliasi terbaik yang akan memberi Anda prospek?

Ada tiga aspek penting untuk ini:

  • Sumber afiliasi
  • Proses penyaringan afiliasi
  • Keterlibatan afiliasi
  • Sementara dua bantuan pertama dalam mendapatkan afiliasi yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, yang ketiga membantu dalam meningkatkan hasil.

Di Freshworks, kami menginginkan afiliasi yang berpengalaman dalam menjual perangkat lunak atau mereka yang berurusan dengan bisnis yang membutuhkan perangkat lunak yang membantu mereka memecahkan masalah mereka. Yang terakhir ini sebenarnya lebih membantu kami dan juga terkait kembali dengan tujuan utama menjangkau bisnis ketika mereka membutuhkan produk. Banyak afiliasi kami adalah orang-orang yang kliennya membutuhkan perangkat lunak untuk memecahkan masalah bisnis. Klien ini mungkin tidak selalu mencari perangkat lunak atau bahkan mungkin tidak tahu jika ada perangkat lunak yang memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

Sumber afiliasi:

Platform afiliasi memiliki kumpulan afiliasi yang besar, tetapi ketika datang ke B2B, hanya sedikit yang akan memenuhi syarat. Oleh karena itu, sumber afiliasi menjadi penting. Pasar untuk setiap program afiliasi adalah sumber yang baik untuk memulai. Jika Anda membuat penawaran yang menarik, sumber ini juga dapat memberi Anda volume untuk berkembang.

Proses penyaringan afiliasi:

Menyaring prospek yang dibawa oleh afiliasi adalah bagian yang sangat penting dalam menjalankan program pemasaran afiliasi. Kepentingan ini semakin meningkat ketika perusahaan beroperasi dengan model ‘bayar per prospek’ di mana perusahaan membayar afiliasi sejumlah uang untuk setiap prospek yang dihasilkan. Ini selain persentase komisi yang mereka dapatkan jika prospek menjadi pelanggan yang membayar. Dalam kasus seperti itu, peluang mereka merujuk prospek yang tidak memenuhi syarat akan lebih tinggi karena mereka dibayar untuk setiap prospek yang mereka referensikan, terlepas dari seberapa baik atau buruk prospek tersebut. Kemungkinan afiliasi membawa banyak petunjuk sampah hanya untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Untuk menangani ini, perusahaan harus memastikan bahwa afiliasi memberikan detail seperti email, negara, bahasa, dan juga situs web tempat afiliasi akan mempromosikan produk atau layanan. Rincian ini akan membantu manajer program untuk lebih memahami afiliasi sebelum memutuskan untuk menerima atau menolak aplikasi.

Keterlibatan afiliasi:

Sebagian besar afiliasi yang mendaftar ke program menganggapnya sebagai bisnis sekunder. Jadi, penting untuk mengingatkan mereka tentang aturan program, penghargaan, dan manfaat bersama yang terlibat. Penting juga untuk memberikan dukungan saat mereka menghadapi masalah dan memberi mereka pengakuan saat mereka bekerja dengan baik.

Komunitas akan menjadi fondasi dari program yang kuat.

Perusahaan dapat membuat tantangan atau tugas berbeda yang dapat dilakukan oleh afiliasi, dan memberi penghargaan kepada mereka jika mereka menyelesaikan tugas tersebut. Ini akan membantu memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik dan mendatangkan lebih banyak prospek, dan juga akan bertindak sebagai pendorong untuk meningkatkan jumlah prospek dan memenuhi target.

Tantangannya bisa turun ke saluran seperti mendapatkan kesepakatan bernilai tinggi untuk komisi yang lebih baik atau bagian atas saluran seperti menerbitkan konten di situs web afiliasi dengan tautan balik. Dengan setiap profil afiliasi yang berbeda, pasti ada kelompok afiliasi yang lebih memilih satu aktivitas daripada yang lain. Untuk afiliasi yang mempromosikan produk dengan mencantumkannya di situs web mereka, konten menjadi penting sedangkan bagi afiliasi yang mempromosikan produk kepada klien mereka yang sudah ada, nilai komisi dapat menjadi pengungkit kontrol.

Yang harus diperhatikan:

Memilih platform yang tepat untuk program afiliasi, memiliki sistem penghargaan yang menarik, memberikan dukungan yang tepat kepada afiliasi, pencairan komisi tepat waktu, dan membangun komunitas afiliasi adalah beberapa langkah penting dalam membangun program pemasaran afiliasi.

Dan melalui prosesnya, penting untuk menyadari potensi ancaman yang dapat mengusir sistem. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan program tidak keluar dari jalur:

  • Terapkan sistem pelacakan untuk memastikan bahwa komisi diberikan dengan benar dan tepat waktu kepada afiliasi, terutama jika ada komisi berulang.
  • Berikan panduan kepada afiliasi tentang keseluruhan program sehingga mereka dapat menavigasi sistem dengan mudah.
  • Menyediakan afiliasi dengan semua aset, seperti spanduk, studi kasus, kertas putih, dll., Yang mereka butuhkan untuk mempromosikan produk dan secara online.
  • Pastikan Anda memberi mereka dukungan setiap kali mereka menghadapi masalah.